We provide services including consultancy, training, implementation, customization and maintenance support.

Management

MANAJEMEN KONSENTRASI


Matakuliah Manajemen Portofolio/Portfolio Management
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengapa orang-orang mau berinvestasi dan bagaimana mereka membuat keputusan untuk berinvestasi. Hal ini membutuhkan sejumlah teori dan deskripsi termasuk pertimbangan pasar modal dan keputusan berinvestasi individu. Matakuliah ini juga akan membantu mahasiswa memahami konsep-konsep penilaian dan analisis teknis berinvestasi baik bagi surat surat berharga individu maupun investasi portofolio.
Matakuliah Keuangan Multinasional/Multinational Finance
Matakuliah ini berusaha mengenalkan kepada mahasiswa tentang keuangan internasional termasuk di dalamnya pasar internasional, investasi internasional, dan manajemen keuangan perusahaan internasional. Di dalam matakuliah ini, akan didiskusikan keuangan internasional, penukaran uang asing, pasar derivarif dan mata uang, risiko mata uang, manajemen portofolio internasional, dan manajemen keuangan perusahaan internasional. Juga akan didiskusikan, strategi internasional dan investasi internasional. Selama satu semester penuh para mahasiwa akan berdiskusi mengenai beberapa kasus dan masalah di dalam keuangan internasional untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap teori-teori dan praktik-praktik manajemen keuangan internasional.
Matakuliah Manajemen Risiko Keuangan/Financial Risk Management
Matakuliah ini akan fokus pada bagaimana mengelola keuntungan dan risiko yang dihadapi oleh para manajer di institusi-institusi keuangan modern. Para mahasiswa akan mendiskusikan jenis-jenis dan sumber-sumber risiko yang dihadapi oleh para manajer di institusi keuangan dan metode-metode untuk meningkatkan keuntungan dengan sebuah tingkat risiko yang dikelola untuk mencapai keuntungan yang paling bernilai di dalam risiko. Di dalam matakuliah ini, mahasiswa akan mendiskusikan mengenai para perantara keuangan dan industri pelayanan keuangan, dan sumber-sumber manajemen risiko yang dihadapi.
Matakuliah Analisis Perilaku Konsumen/Consumer Behavior Analysis
Matakuliah Analisis Perilaku Konsumen mendeskripsikan tentang kerangka konsep dari perilaku konsumen dan beragam isu terkait penerapan teori-teori yang spesifik dari ilmu-ilmu psikologi, sosiologi, antropologi, komunikasi, dan mikro ekonomi. Perilaku konsumen yang terfokus pada perilaku pembelian atau proses pembuatan keputusan pembelian banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini dapat di klasifikasikan ke dalam: (1) faktor luar, seperti budaya, cabang budaya, kelas sosial, kelompok acuan, dan keluarga dan (2) faktor dalam, seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, motivasi, dan persepsi. Menganalisis faktor-faktor tersebut merupakan sebuah dasar yang diperlukan dalam rangka mengembangkan strategi pemasaran seperti kaitannya dengan pengelompokan pasar, penempatan produk, dan komunikasi pemasaran.
Matakuliah: Pemasaran Global/Global Marketing
Matakuliah ini berusaha menjelaskan cara bagaimana sebuah perusahaan multinasional merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol kegiatan pemasarannya untuk melayani pasar asing. Lingkungan pemasaran global terdiri atas ekonomi, sosial, budaya, hukum, dan dana moneter yang semuanya dianalisis untuk mengidentifikasi kesempatan-kesempatan dan ancaman-ancaman di dalam pasar target. Merumuskan strategi pemasaran global juga didiskusikan sebagai sebuah usaha untuk melayani bagian-bagian pasar awal dengan memanfaatkan kekuatan dari percampuran pemasaran global yang kompetitif. Dengan kata lain, perusahaan berusaha untuk mencapai tujuan pemasaran globalnya dengan menentukan pasar target yang spesifik dan memanfaatkan sumber daya pemasarannya yang cukup untuk pasar target. Usaha-usaha tersebut dilakukan dengan cara yang jitu dengan memanfaatkan era kemajuan teknologi pada saat ini. Nilai pelanggan merupakan sebuah faktor pengontrol dalam merumuskan serangkaian strategi dan merekayasanya menjadi sebuah kombinasi pemasaran yang rinci yaitu produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana pemasaran.
Matakuliah Strategi Pemasaran Lanjut/Advanced Marketing Strategy
Matakuliah ini membahas mengenai strategi pemasaran dengan menggunakan kombinasi dari teks-teks dan materi-materi kasus untuk mengembangkan konsep-konsep yang relevan dan menerapkannya dalam situasi-situasi bisnis. Matakuliah ini mendiskusikan peran dari strategi yang digerakkan oleh pasar di dalam formasi dan pelaksanaan bisnis dan perbaikan strategi-strategi maupun isu-isu tingkat bisnis yang terkait dengan pelanggan dan analisis persaingan baik dalam pasar internasional maupun nasional. Matakuliah ini didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang diharapkan bisa memahami bagaimana strategi pemasaran yang cocok untuk seluruh fungsi perencanaan strategis dari sebuah perusahaan. Matakuliah ini juga memberikan kepada para mahasiswa, kerangka analisis yang memungkinkan mereka untuk mengambil pendekatan-pendekatan alternatif terkait masalah-masalah pemasaran dan mengembangkan kriteria untuk mengevaluasi alternatif-alternatif tersebut dalam hubungannya dengan dampak pemasaran pada biaya, harga, volume penjualan, dan loyalitas pelanggan.
Matakuliah Industri dan Analisis Persaingan/Industry and Competitive Analysis
Matakuliah ini adalah sebuah matakuliah lanjut di dalam manajemen strategi. Matakuliah ini didesain untuk membekali para mahasiswa dengan kerangka analisis, industri-industri, dan pesaing-pesaing serta pendekatan-pendekatan untuk mengembangkan strategi persaingan yang berkelanjutan yang dibutuhkan untuk memenangkan sebuah kompetisi. Para mahasiswa akan diberi materi-materi terkait konsep, teknik, dan metode untuk mendapatkan wawasan mengenai teori dasar persaingan industri-industri. Para mahasiswa juga akan diberi pengetahuan mengenai konsep strategi umum, teknis, dan pendekatan-pendekatan untuk membangun keuntungan dalam berkompetisi. Secara khusus, kerangka analisis strategis dan analisis persaingan yang akan didiskusikan mengacu pada teori yang diperkenalkan oleh Michael Porter. Diharapkan setelah mengikuti kuliah ini, para mahasiswa akan mampu menerapkan kerangka ke dalam pengaturan industri yang bervariasi dan mampu mengembangkan sebuah unit strategi bisnis yang sesuai.
Matakuliah Kepemimpinan dan Inovasi/Leadership and Innovation
Matakuliah ini adalah sebuah pengantar dan analisis yang mendalam mengenai konsep-konsep dan teknik-teknik kunci sebuah kepemimpinan. Matakuliah ini juga membahas mengenai latar belakang empiris dan konsepsional dari organisasi pembelajaran sebagai sebuah dasar berinovasi. Isu lain yang didiskusikan adalah manajemen perubahan, bagaimana membuat orang nyaman dengan perubahan itu dan mengesahkan perubahan di dalam organisasi mereka. Matakuliah ini juga menjelaskan bagaimana caranya membuat sebuah budaya berinovasi yang akan membuat sebuah perusahaaan mempunyai performa yang tinggi. Topik-topik lain meliputi penggunaan kekuasaan dan pengaruh secara efektif dan peran dari para pemimpin organisasi-organisasi dalam menciptakan perubahan dan mengembangkan inovasi. Matakuliah ini adalah sebuah kombinasi antara latar belakang teori yang kuat dan telaah dari penggunaan metode mutakhir di dalam topik-topik tersebut sebagaimana kasus-kasus empiris di dalam penerapannya dalam kehidupan nyata.
Matakuliah Perubahan dan Perkembangan Oraganisasi/Organizational Change and Development
Matakuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai proses perubahan organisasi. Matakuliah ini juga ditujukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: mengapa sebuah organisasi harus berubah, kapan perubahan itu harus dilakukan, aspek organisasi apa saja yang harus diubah, bagaimana menerapkan perubahan itu, dan siapa saja yang terlibat dalam perubahan itu.
Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis/Strategic Human Resources Management
Matakuliah ini memperkenalkan aspek-aspek teoritis dan terapan dari manajemen sumber daya manusia dari perspektif bisnis strategis. Matakuliah ini berusaha menjelaskan bagaimana mengelola sumber daya manusia secara efektif di dalam perubahan lingkungan yang sangat dinamis, yang pada saat yang bersamaan sedang menekan organisasi. Matakuliah ini juga mendiskusikan perubahan paradigma pada manajemen sumber daya manusia dimana di dalam paradigma yang baru tersebut, sumber daya manusia diperlakukan sebagai juara atas persaingan keuntungan. Topik-topik yang akan didiskusikan meliputi: perumusan dan penerapan strategi sumber daya manusia, analisis pekerjaan, metode rekrutmen dan seleksi, teknik untuk pelatihan dan pengembangan, penilaian pelaksanaan, kompensasi dan keuntungan, serta evaluasi keefektifan dari sistem manajemen sumber daya. Penekanan dilakukan dengan mengintegrasikan manajemen sumber daya manusia dengan seluruh strategi bisnis.
Matakuliah Strategi Perusahaan/Corporate Strategy
Matakuliah ini didesain untuk memberikan kerangka analisis strategis di tingkat perusahaan. Perhatiannya difokuskan pada seluruh rencana untuk mengelola sebuah perusahaan yang beraneka ragam. Dua tantangan utama yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan lebih dari satu industri adalah: (1) pencapaian posisi yang mempunyai keuntungan yang berkelanjutan dengan cara mengadopsi strategi keanekaragaman; (2) manajemen sebuah “perkumpulan” dari berbagai usaha bisnis. Sebagai sebuah matakuliah yang terdepan dalam manajemen strategi, matakuliah “Strategi Perusahaan” menyajikan studi mendalam mengenai konsep dan teknik dalam hubungannya dengan perumusan dan penerapan strategi perusahaan. Tujuan yang diharapkan dari matakuliah ini adalah untuk memberikan kepada mahasiswa wawasan terhadap dampak dari strategi-strategi yang dipilih, kerjasama dan organisasi, dan untuk memberikan sejumlah konsep dan alat yang digunakan untuk secara kritis mengevaluasi isu-isu tersebut. Di akhir matakuliah, mahasiswa akan dapat menerapkan kerangka analisis strategis terkait persaingan antar perusahaan dalam industri yang majemuk.
Matakuliah Kepemimpinan Strategis/Strategic Leadership
Kepemimpinan strategis didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, merumuskan visi ke depan, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan bekerja sama dengan orang lain untuk memulai perubahan yang akan menciptakan masa depan yang baik bagi organisasi (Irlandia & Hitt, 1999:43). Matakuliah Kepemimpinan Strategis dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan. Struktur matakuliah ini disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip dan komponen kepemimpinan strategis yang efektif beserta aplikasinya. Dengan membahas banyak pendekatan, diharapkan bahwa matakuliah ini dapat meningkatkan keterampilan strategis kepemimpinan seseorang. Untuk menjadi seorang pemimpin strategis yang efektif diperlukan sebuah observasi dan tindakan yang komprehensif.
Matakuliah Model Bisnis /Business Modeling
Matakuliah ini membahas bagaimana suatu organisasi, yaitu sebuah perusahaan, menentukan model bisnis. Sebuah bisnis pada dasarnya adalah penciptaan nilai yang menghasilkan keuntungan. Model adalah representasi dari realitas. Dengan demikian, model adalah representasi dari logika yang mendasari keberadaan dan pilihan strategis perusahaan untuk menciptakan nilai dalam rantai nilai (Shafer et al., 2005). Matakuliah ini memfokuskan pada lima pilar utama, yaitu mendeskripsikan, menganalisis, dan merancang model bisnis; berbagai pola bisnis yang ada; mengevaluasi, dan menciptakan sebuah model bisnis.
Setelah mengambil matakuliah ini , mahasiswa diharapkan:
  1. Mengetahui bagaimana pentingnya sebuah model bisnis untuk sebuah organisasi.
  2. Mengaplikasikan konsep dasar perancangan model bisnis untuk ide bisnis yang akan dijalankan.
Matakuliah: Kewirausahaan dan Inovasi/Entrepreneurship and Innovation
Kewirausahaan adalah matakuliah yang menggabungkan tiga aspek penting dari pembelajaran, kognitif, afektif dan psikomotorik. Kualitas hasil pembelajaran akan ditentukan oleh keseimbangan aspek-aspek. Berkaitan dengan isu-isu ini, masing-masing topik dalam matakuliah ini akan membahas mengenai sisi konseptual dan praktisnya. Matakuliah ini mencakup topik seperti: konsep dasar pengusaha/kewirausahaan, pola pikir kewirausahaan, sifat dan peran pengusaha /kewirausahaan, proses pengembangan bisnis, kreativitas, inovasi, mengelola inovasi, dan melakukan etika dalam bisnis. Selama periode perkuliahan, mahasiswa akan didorong untuk memiliki pengalaman praktis dalam memulai dan mengelola usaha kecil.
Tujuan matakuliah ini:
  1. Untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pengusaha/kewirausahaan dan proses menciptakan dan menumbuhkan usaha baru dari sisi teoritis maupun praktis.
  2. Untuk memberikan kemampuan memulai ide bisnis yang inovatif.
  3. Untuk memberikan pemahaman bagaimana cara mengelola inovasi dalam organisasi.
  4. Untuk memberikan kesempatan untuk mempersiapkan dan mengkomunikasikan konsep bisnis.
  5. Untuk memotivasi mahasiswa agar menjadi seorang pengusaha muda dan sukses.
Matakuliah: Rancangan Bisnis/Business Plan
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan untuk merumuskan rencana bisnis yang inovatif dan komprehensif kepada mahasiswa. Rencana bisnis harus mempertimbangkan berbagai kondisi sehingga harus siap dengan berbagai faktor mikro-makro, faktor internal-eksternal. Berbagai pengalaman/kondisi/kejadian dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam menyusun Rencana Bisnis pada tingkat strategis, taktik bisnis strategis dan tindakan bisnis strategis.
Setelah mengambil matakuliah ini , mahasiswa diharapkan dapat:
  1. Mengidentifikasi berbagai macam faktor yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat formula Rencana Bisnis.
  2. Mengetahui tentang ” Mengapa” dan ” Kapan” Rencana Bisnis harus dibuat dan dikembangkan.
  3. Memahami keunikan dan tantangan dalam proses pembuatan formula Rencana Bisnis.
  4. Memadukan ide dan mengintegrasikannya dalam strategik Model Bisnis.
  5. Mempresentasikan pengembangan Rencana Bisnis secara tertulis dan lisan.

MANAJEMEN INTI


Business Ethics
Mata kuliah ini berusaha memperkenalkan prinsip-prinsip etika deskriptif, normatif  dan implikasinya terhadap perilaku individu dan lingkungan bisnis. Memahami prinsip-prinsip etika atau norma tersebut akan memberikan wawasan mendalam terhadap perilaku dan sikap yang diterima secara sosial. Walaupun isu-isu mengenai etika meliputi seluruh aspek kehidupan sosial, mata kuliah ini tetap fokus pada etika-etika bisnis dalam perspektif nasional maupun internasional. Oleh karena itu, mata kuliah ini didesain untuk mendiskusikan beragam aspek yang mempengaruhi proses pembuatan kebijakan manajerial yang melibatkan isu-isu etika.
Business Law
Mata kuliah ini didesain untuk memperdalam pemahaman para mahasiwa terhadap area penting di dalam peraturan perundang-undangan tentang bisnis di Indonesia. Mata kuliah ini melingkupi hukum kontrak termasuk CISG (UN Convention on the International Sales of Goods / Hukum internasional yang dikeluarkan oleh PBB terkait penjualan barang-barang), organisasi-organisasi bisnis, investasi asing, hukum perbankan, hukum pasar modal, hukum kekayaan intelektual, dan hukum terkait kebangkrutan.
Business Research Methods
Mata kuliah ini adalah semacam mata kuliah pengantar metodologi penelitian bisnis. Mata kuliah ini didesain untuk mengenalkan kepada para mahasiswa mengenai konsep-konsep dan masalah-masalah dasar dalam melakukan penelitian bisnis secara ilmiah termasuk di dalamnya adalah tipe-tipe data dan pengukuran, sampling, probabilitas, dan desain penelitian. Mata kuliah ini menekankan pada pentingnya dan batasan-batasan dari teori-teori dan metodologi-metodologi dalam penelitian bisnis secara ilmiah maupun dalam tujuan-tujuan terkait penelitian terapan, evaluasi program, analisa kebijakan, dan etika penelitian. Mata kuliah ini juga didesain untuk secara kritis mendiskusikan proposal-proposal penelitian mahasiswa. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi proses penulisan thesis dengan cara memberikan masukan dan kritik untuk menciptakan desain penelitian yang lebih baik. Diskusi-diskusi mengenai isu-isu dan teori-teori terkait konsep dan metodologi menjadi fokus utama dari mata kuliah ini. Setiap pertemuan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang berguna untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian melalui diskusi kelas. Para mahasiswa bisa melakukan konsultasi awal dengan pembimbing mereka masing-masing; oleh karena itu, para pembimbing akan diumumkan segera sebelum ujian tengah semester dimulai.
Financial Management
Mata kuliah ini berusaha memperkenalkan lebih dalam kepada mahasiswa terkait keuangan khususnya manejemen keuangan pada perusahaan. Pertama, kami akan mereview beberapa konsep dasar dari manajemen keuangan. Kedua, kami akan mendiskusikan kebijakan investasi strategis termasuk besarnya modal, penggunaan modal, dan perkiraan perputaran uang kas. Ketiga, kami akan mendiskusikan kebijakan keuangan strategis termasuk perancanaan keuangan jangka panjang, struktur modal, dan kebijakan pembagian keuntungan. Terakhir, kami akan mendiskusikan sejumlah topik mengenai manajemen keuangan termasuk didalamnya adalah  manajemen resiko, manajemen penjiplakan dan merger (penggabungan). Kami juga akan mendiskusikan beberapa kasus yang berhubungan dengan manajemen keuangan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap teori-teori dan praktek-praktek terkait manajemen keuangan tadi.
General Business Environment
Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa terhadap dampak dari lingkungan eksternal (nasional dan internasional, dan variable-variabel ekonomi maupun non-ekonomi) dalam proses pembuatan kebijakan manajemen. Topik-topik yang didiskusikan antara lain: dampak ekonomi, teknologi, sosial, budaya, politik, birokrasi, hukum, demografi, dan variabel-variabel lingkungan lain terkait pertumbuhan bisnis. Sistem ekonomi di Indonesia (lingkungan nasional) akan dipandang dari segi ideologi dan praktiknya di lapangan, pendapatan negara, produksi sektor yang detail dan pemanfaatannya, kebijakan pemerintah, jumlah penduduk dan peluang kerja, dan masalah pendistribusian pendapatan. Sementara itu, diskusi mengenai lingkungan bisnis internasional meliputi topik-topik seperti mekanisme, dampak perdagangan internasional dan keuangan pada lingkungan bisnis domestik, dan masalah perlindungan.
Management Control Systems
Management Control System  adalah sebuah mata kuliah yang ditujukan untuk memperkenalkan para mahasiswa terhadap masalah-masalah yang harus dihadapi terkait bagaimana untuk menerapkan strategi-strategi perusahaan. Pada intinya, mata kuliah ini bersinggungan dengan struktur dan proses yang digunakan dan dilaksanakan oleh manajemen tertinggi dalam menjamin para bawahannya untuk melakukan aktivitas secara efisien dan efektif. Mata kuliah ini juga meliputi aspek perilaku manusia dan organisasi di dalam konteks untuk mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, nantinya diharapkan para mahasiswa akan mempunyai genggaman konsep yang kuat dan kemampuan untuk mendesain, mengevaluasi, dan melaksanakan sistem kontrol manajemen.
Marketing Management
Mata Kuliah ini mendeskripsikan langkah-langkah ataupun cara-cara yang ditempuh oleh sebuah perusahaan dalam usaha mencapai tujuan-tujuan pemasarannya dengan cara menentukan target pasar secara spesifik dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai target pasar secara sukses. Oleh karena itu, pemasaran adalah sebuah proses berfikir yang teratur and mendalam mengenai rencana-rencana terkait pasar. Usaha-usaha dalam mencapai target tersebut dilakukan dengan cara-cara yang profesional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Nilai pelanggan merupakan sebuah faktor pengontrol dalam merumuskan serangkaian strategi dan merekayasanya menjadi sebuah kombinasi pemasaran yang detail yaitu produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana pemasaran. Perencanaan, evaluasi, dan peningkatan terkait kombinasi pemasaran tersebut membutuhkan kebijakan-kebijakan dari seorang menejer. Dalam menetukan kebijakannya, seorang menejer sangat mungkin terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol seperti faktor politik, ekonomi, sosial dan hukum, teknologi, demografi, dan persaingan.
Operations Management
Mata Kuliah ini didesain untuk memberikan sebuah pemahaman yang komprehensif mengenai manajemen operasi, mentransformasi input-input menjadi output-output yang bermanfaat. Secara khusus, tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan latar belakang pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana barang dan jasa diproduksi dan keterampilan-keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mengorganisir itu semua menjadi sebuah usaha yang menghasilkan.
Organizational Behavior
Mata kuliah ini terdiri dari campuran dari diskusi-diskusi mengenai teori-teori terkait subjek persoalan dan pengalaman real di dunia bisnis. Mata kuliah ini didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis di masa sekarang. Buku-buku yang dipakai ditujukan sebagai sumber informasi akademik untuk selanjutnya digunakan untuk memahami fenomena-fenomena real yang terjadi dalam dunia bisnis. Ada 6 macam kasus yang akan didiskusikan di dalam kelas. Kasus-kasus tersebut diseleksi berdasarkan relevansinya terhadap konten mata kuliah yang ada.
Strategic Management
Mata kuliah Manajemen Strategis ditujukan untuk menjadi sebuah mata kuliah yang menantang sekaligus menyenangkan sebagai bagian dari kurikulum pendidikan manajemen. Mata kuliah ini adalah yang pertama dan utama terkait dengan mata kuliah “strategi” and “manajemen perumusan strategi dan proses implementasi” khususnya dalam konteks lingkungan bisnis global.  Sebagai sebuah “lukisan besar,” mata kuliah ini juga didesain untuk membantu para mahasiswa dalam mengintegrasikan pengetahuan dan kemampuan yang mereka dapatkan di dalam kurikulum manajemen inti. Masalah-masalah atau isu-isu perumusan strategi, perumusan dan penerapan atau pelaksanaan melingkupi seluruh spektrum dari bisnis dan manajemen. Oleh karena itu, tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk mempertajam kemampuan mahasiswa untuk berfikir secara strategis, membuat keputusan-keputusan strategis, dan mempertimbangkan hal-hal menggunakan perspektif usaha total. Secara sistem, mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada para mahasiwa mengenai pahit manisnya dunia industri dan analisa persaingan, karakter-karakter lingkungan pasar global, dan tugas-tugas menejerial yang bervariasi dan berhubungan dengan penerapan dan pelaksanaan strategi yang telah dipilih.
Systems and Information Technology
Management Information Technology adalah sebuah mata kuliah interdisipliner yang diperuntukkan bari para mahasiwa pasca sarjana untuk memahami teknologi informasi dan komikasi yang dinamis, proses manajemen, dan perubahan-perubahan keorganisasian. Topik-topik yang didiskusikan meliputi evolusi teknologi informasi dan komunikasi di perusahaan, beberapa aspek terkait hardware dan software komputer, sistem informasi strategis, perdagangan elektronik, sistem desain dan analisis, dan sistem informasi global. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah untuk membangun sikap-sikap positif dari mahasiswa terhadap peran strategis dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya di dalam proses pembuatan kebijakan bisnis.
Business Communication
Mata kuliah ini didesain untuk membekali para mahasiswa dengan kemampuan dan pengetahuan dasar agar bisa mengekspresikan ide-ide mereka dalam tulisan maupun lisan untuk tujuan-tujuan dan fungsi-fungsi bisnis yang bervariasi. Mata kuliah ini membahas mengenai prinsip, peraturan, dan teknik untuk menyusun dan mengatur ide-ide agar menghasilkan komunikasi lisan maupun tulisan secara efektif. Mata kuliah ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan-kemampuan mahasiswa yang dibutuhkan secara alami daripada mengubah mereka sebagai penulis, pembicara, dan presenter yang baik secara instan.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan para mahasiswa akan mampu untuk:
  1. Menggunakan bahasa (Indonesia dan Inggris) dengan sikap yang sesuai untuk komunikasi bisnis yang profesional
  2. Mengembangkan kepercayaan diri dan keahlian di dalam menyusun komunikasi bisnis yang efektif
  3. Menyusun strategi komunikasi untuk hasil-hasil yang diharapkan
  4. Menyusun dokumen-dokumen bisnis dengan menggunakan format yang sesuai dan profesional
  5. Menyampaikan pidato singkat untuk beragam fungsi dan kesempatan-kesempatan dalam bisnis
  6. Membuat sebuah presentasi lisan yang profesional menggunakan teknologi informasi yang tersedia

0 comments:

Post a Comment